PERUSAHAAN ENERGI DI FLORIDA MENGHENTIKAN GAS ALAM, MULAI SOLAR PANEL

PERUSAHAAN ENERGI DI FLORIDA MENGHENTIKAN GAS ALAM, MULAI SOLAR PANEL

31 Mar 2019

FPL atau Florida Power & Light Company merupakan perusahaan penyedia energi terutama untuk lampu di Florida (semacam PLN tetapi di Florida).


Perusahaan ini sangat besar di Florida dan sebelumnya perusahaan ini menghasilkan listrik untuk dipakai di Florida dari gas alam. salah satu anak perusahaan tersebut bernama NextEra Energy menyediakan listrik bagi setidaknya 10 juta penduduk di Florida.

Berdasar estimasi yang dibuat oleh perusahaan tersebut diperkirakan akan ada penghematan pembelian bahan bakar dalam setahun mencapai sekitar 100 juta USD. Perubahan pemakaian solar panel ditambah dengan upgrade batre akan membuat emisi karbon juga berkurang hingga sekitar 1 juta ton emisi karbon.

FPL announces plan to build the world's largest solar-powered battery and drive accelerated retirement of fossil fuel generation
- Innovative modernization plan will replace a pair of aging natural gas power generating units with clean and renewable energy, saving FPL customers more than $100 million while eliminating more than 1 million tons of carbon dioxide emissions
- The FPL Manatee Energy Storage Center's battery system is projected to have four times the capacity of the world's largest battery system currently in operation
- Charged by an existing, co-located FPL solar power plant, the planned battery storage center will increase the predictability of solar - extending its benefits even when the sun is not shining


Rencana penggunaan solar panel oleh FPL ini akan membuat solar panel terbesar di dunia akan bergeser ke Florida, Amerika.

Situs solar panel yang direncanakan oleh FPL akan mampu membuat listrik hingga  409 megawatt (MW) atau sekitar  900 megawatt-hour battery installation sebagai mana disebtu oleh FPL Manatee Energy Storage Center.


409-MW FPL Manatee Energy Storage Center
Metric
Equivalent to
The FPL Manatee Energy Storage Center
will cover a
40-acre parcel of land
25 square city blocks
30 football fields
130 Olympic-size swimming pools
The FPL Manatee Energy Storage Center
will be able to distribute
900 MWh of electricity
Powering 329,000 homes for 2 hours
100 million iPhone batteries
300 million AA batteries

Saat ini solar panel dan situs instalasi terbesar di dunia yang sudah berjalan adalah di Asutralia yang dilakukan oleh Elon Musk dengan kapasitas hingga 100 MW hingga 129 MWh. Di tempat lain ditengah gurun pasir, Benban juga sudah menggunakan solar panel dan mampu menghasilkan listrik hingga 1.8 Giga Watts (3.8 TWh -  4 TWh dalam satu tahun) dalam produksi normal kelak sesudah operasional. Angka yang besar karena dengan listrik yang dihasilkan setidaknya dapat mencukupi keperluan listrik hingga sekitar 20-30 ribu orang.

FPL dalam rencananya belum menyebut akan menggunakan batre dari perusahaan mana (berbeda dengan Tesla yang menyebutkan rencana penggunaan batre dari Panasonic).

FPL juga belum jelas menyebutkan apakah akan menggunakan jenis batre lithium-ion batteries atau jenis batre dengan susunan kimia lain. Secara umum batre jenis lithium-ion banyak menjadi pilihan bagi solar panel skala besar. Yang menarik juga, Bloomberg New Energy Finance menyebutkan bahwa harga batre jenis xx turun harganya hingga sekitar 35 persen dari pertengahan tahun 2018. SOlar panel dna listrik dalam beberapa tahun kedepan akan semakin murah sepertinya.