Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

latest

LUCKIN COFFEE MENGALAHKAN STARBUCK, APAKAH AKAN WORLDWIDE?

LUCKIN COFFEE saat ini menjadi perusahaan bidang kuliner terutama minuman terkait kopi dan sejenisnya baru yang meroket lebih cepat bahkan m...

LUCKIN COFFEE saat ini menjadi perusahaan bidang kuliner terutama minuman terkait kopi dan sejenisnya baru yang meroket lebih cepat bahkan mengalahkan Starbuck di Cina.



Luckin Coffee tumbuh dengan sangat pesat di Cina secara luar biasa. Awalnya kedai kopi ini tumbuh sekitar 1 gerai dalam 1 hari dan sekarang sudah jauh lebih cepat. Bisa sekitar 4 gerai berdiri di Cina tiap harinya.

Setidaknya saat ini ada sekitar 2300 gerai dari tahun 2017 ketika gerai pertama berdiri di Cina. Gerai Luckin Coffee memang sangat pesat, tidak ada perusahaan seperti itu sekarang. Gerai yang dimiliki oleh Luckin Coffee ini maish dibawah jumlah gerai yang dimiliki Starbuck di Cina. Starbuck mengoperasikan 3000 gerai di Cina saat ini.

Luckin Coffee pertama kali meluncur pada Oktober 2017. Saat ini secara bertahap mulai menjadi saingan Starbucks di China.

Awalnya perusahaan ini berencana hanya membuat sekitar 2000 gerai di Cina pada tahun 2018 dan ternyata terus berkembang pesat. Akhir tahun 2019 direncanakan ada penambahan setidaknya 2500 gerai baru di Cina.

Tidak hanya dari segi jumlah gerai, valuasi perusahaan ini juga tumbuh dengan pesat. Perusahaan ini berhasil mengumpulkan dana hingga sekitar 200 juta USD pada akhir 2018 dan membuat perusahaan ini bernilai 2 miliar USD.

Pada April 2019 ini perusahaan ini berhasil mendapat dana segar lain sebesar 150 juta USD sehingga membuat perusahaan bernama Luckin Coffee ini bernilai menjadi 2.2 miliar USD.

Kenapa Luckin Coffee bisa tumbuh demikian pesat di Cina? Gerai kopi Luckin Coffee dapat menawarkan kopi dengan cepat efisien dan lebih murah dibanding Starbuck.

Berbeda dengan Starbuck yang berasal dari Amerika atau Costa Coffee yang berasal dari Inggris, gerai kopi ini biasanya memiliki ruangan besar dan memiliki beberapa barista dan kasir untuk melayani pengunjung.

Luckin Coffee menggunakan nilai tambah lain, saat ini Cina sudah terbiasa menggunakan pembayaran digital dengan ponsel. Luckin Coffee Menggunakan keunggulan ini.

Kopi di Luckin Coffee dapat dibeli dengan online melalui ponsel dan sewaktu tiba di gerai maka kopi sudah siap dan biasanya diambil untuk diminum diluar.

Luckin Coffee dengan konfigurasi layanan tersebut dapat memotong biaya dan harga produk. Minuman yang dijual di Luckin Coffee bisa berkisar antara 3 USD dibanding dengan harga minuman di Starbuck yang bisa mencapai harga sekitar 5 USD.

Luckin Coffee tidak berhenti di Cina. Saat ini perusahaan dari Cina ini sedang mengusahakan berjualan saham di Amerika dan akan membuat perusahaan ini menjadi pesaing langsung Starbuck di Amerika.

Mari ngopi dulu.